tips menabung untuk umroh

Tips Menabung untuk Umroh

Mengunjungi Makkah tentu saja merupakan dambaan banyak orang terutama bagi umat muslim. Melakukan perjalanan ke tanah suci demi melaksanakan ibadah adalah suatu hal yang didambakan. Tetapi karena biaya yang tidak sedikit, kita perlu tahu tips & cara menabung untuk umroh.

Bahkan telah banyak cerita-cerita menyentuh dibalik perjuangan seseorang demi dapat berangkat menunaikan ibadah di Makkah.

Apalagi mengingat ibadah ini dilakukan dengan melakukan perjalanan jauh yang tentunya butuh banyak persiapan.

Selain mempersiapkan diri dan administrasi para calon jamaah umroh tentunya perlu mempersiapkan dana yang dapat dibilang tidak sedikit. Kisaran harga perjalanan umroh saat ini di angka 25 hingga 30 juta tergantung biro perjalanan yang ditemui.

Jumlah tersebut belum termasuk dalam pengeluaran pribadi selama di tanah suci Maka memang penting bagi calon jamaah untuk menyiapkan dana lebih dari 30 juta sebagai dana tambahan atau dana darurat selama ibadah umroh.

tips menabung untuk umroh

 

Tips Menabung untuk Umroh

Untuk itu kami memberikan beberapa tips  menabung bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah umroh. Berikut beberapa tips yang telah kami rangkum.

 

Pilih Biro Perjalanan

Di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda pasti tak sedikit biro perjalanan haji dan umroh yang menawarkan jasanya. Berbagai macam harga dan fasilitas ditawarkan kepada calon jamaah yang berniat menunaikan peejalanan ibadah.

Meskipun begitu Anda tetap perlu hati-hati karena kasus penipuan biro perjalanan juga cukup banyak. Sebagai tips nya, pilihlah biro perjalanan yang menawarkan harga masuk akal serta terdaftar di Kementrian Agama.

 

Buat Target Tabungan

Tips kedua untuk menabung umroh tentu saja membuat target atau perencanaan tabungan umroh. Kita perlu mengetahui dahulu jumlah dana yang diperlukan, mulai dari biaya paket perjalanan ibadah, biaya pengurusan administrasi seperti paspor dan lain-lain, serta biaya pengeluaran pribadi.

Untuk lebih pasti jumlah tersebut dapat ditanyakan kepada biro perjalanan yang akan dipakai. Setelah mengetahui jumlah pasti maka mulai rancang target goals.

Dengan begini kita bisa menyesuaikan seberapa banyak kita perlu menyisihkan uang untuk memenuhi jumlah target.

 

Sisihkan Pendapatan

Setelah mengetahui biaya atau target tentunya tips menabung umroh selanjutnya yaitu menyisihkan pendapatan. Dengan cara ini Anda dapat mengumpulkan dana umroh tanpa merasa terbebani karena sudah menyisihkan sedikit demi sedikit pendapatan yang dimiliki.

Untuk jumlahnya dapat diatur sendiri dengan 2 cara, yang pertama bagi target jumlah tabungan dengan jangka waktu yang diinginkan. Misalnya Anda membutuhkan dana sebesar 30 juta dan ingin melaksanakan umroh 2 tahun lagi, maka 30 juta dapat dibagi 24 bulan. Jumlah tersebut yang nantinya perlu Anda kumpulkan setiap bulannya selama 2 tahun.

Cara kedua sesuaikan dana yang disisihkan dengan persentase, misalnya Anda dapat menyisihkan beberapa persen dari penghasilan. Dapat senilai 10% atau 20% dari penghasilan atau disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Mulai Investasi

Dana yang sedang disisihkan untuk ditabung agar dapat menunaikan umroh juga dapat digunakan dahulu untuk berinvestasi. Dibandingkan dana tersebut didiamkan begitu saja lebih baik digunakan kembali untuk investasi.

Bahkan hasil investasi dapat menjadi tambahan tabungan umroh sehingga target lebih cepat dicapai.

Meski begitu Anda tetap harus memperhatikan tempat berinvestasi, pastikan lakukan investasi di tempat yang aman dan terpercaya. Saat ini banyak sekali aplikasi investasi resmi yang bisa diunduh di ponsel, lebih baik berinvestasi menggunakan media ini dibanding berinvestasi perorangan.

Bila menggunakan aplikasi Anda dapat menikmati banyak kemudahan, sudah diawasi oleh lembaga OJK, dan ada fitur investasi syariah yang sesuai dengan syariat Islam.

 

Buka Tabungan Umroh

Saat ini banyak bank syariah yang telah menerbitkan layanan tabungan umroh dan haji. Bagi Anda yang memang telah berniat melaksanakan ibadahtersebut sebaiknya membuka rekening tabungan umroh ini.

Dengan membuka rekening tabungan khusus umroh maka menabung dapat lebih fokus, dana tidak tercampur dengan uang sehari-hari kemudian target lebih cepat terkumpul.

Menggunakan buku tabungan umroh untuk menabung juga memiliki banyak kelebihan lain karena banyak fasilitas yang akan didapat, pihak bank biasanya juga turut membantu mencarikan kuota keberangkatan, selain itu cara pembukaanya juga mudah dan telah sesuai syariat Islam. Menabung lebih aman dan bebas dari riba.

Beberapa cara menabung umroh diatas dapat Anda sesuaikan kembali dengan target awal, penghasilan, serta kemampuan Anda. Pastinya setiap orang memiliki kebutuhan serta target yang berbeda, tetapi tidak ada salahnya jika mulai menabung menyisihkan rezeki untuk nantinya beribadah umroh ke tanah suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.