persiapan administrasi ibadah umroh

Persiapan Administrasi Ibadah Umroh

Melakukan ibadah umrah adalah suatu kesempatan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Melakukan perjalanan menyambangi tanah suci Mekkah tentu saja menjadi hal yang ditunggu-tunggu mengingat kini untuk melaksanakan ibadah tersebut kita harus menunggu kuota antrian. Berikut ini beberapa hal yang perlu untuk persiapan administrasi ibadah umroh.

Sudah hal umum bila melaksanakan ibadah di tahan suci perlu kesabaran yang lebih karena banyaknya umat dari seluruh dunia yang juga ingin melaksanakan ibadah tersebut, alhasil kita perlu menunggu kuota antrian untuk dapat berangkat ke Makkah.

Untuk mempermudah ibadah umroh atau haji biasanya orang-orang mencari biro perjalanan umroh dan haji. Dengan menggunakan biro perjalanan umroh dan haji dapat memudahkan orang-orang untuk mencarikan kuota keberangkatan.

persiapan administrasi ibadah umroh

 

Administrasi Ibadah Umroh yang Perlu disiapkan

Tak hanya membantu mencarikan kuota keberangkatan umroh dan haji, namun dengan menggunakan jasa ini mereka dapat mengaturkan segala kebutuhan selama di tanah suci. Hal yang diaturkan biasanya meliputi tempat penginapan di selama kegiatan ibadah, tiket penerbangan, transport di tanah suci, serta rangkaian acara ibadah.

Semua sudah diaturkan sehingga para jamaah cukup mengikuti jadwal yang sudah disediakan.

Meski semua sudah dipersiapkan oleh biro perjalanan, tetapi tentu saja para jamaah umroh perlu mempersiapkan administrasi lain yang digunakan sebagai syarat perjalanan nantinya.

Untuk itu berikut kami rangkumkan syarat administrasi yang dibutuhkan sebelum melakukan perjalanan ibadah umroh.

 

Paspor

Karena ibadah ini dilakukan di negara Arab maka untuk memasuki negara tersebut tentu saja jamaah memerlukan paspor sebagai syarat administrasi umroh.

Paspor ini akan dicek di bandara keberangkatan serta bandara kedatangan nantinya. Untuk paspor, jamaah umroh perlu membawa paspor asli yang masa berlakunya minimal 8 bulan dari waktu keberangkatan ibadah.

Selain paspor asli biasanya para biro perjalanan akan meminta paspor yang sudah discan atau dalam bentuk dokumen.

 

Buku Kuning

Syarat administrasi umroh selanjutnya adalah Buku Kuning. Maksud Buku Kuning adalah buku suntik vaksin meningitis.

Buku ini juga syarat administrasi umroh yang wajib diurus oleh para calon jamaah umroh, pasalnya bila jamaah tidak mengurus kartu kuning atau melakukan suntik meningitis maka jamaah bisa ditahan oleh Kemenag (petugas kesehatan) yang berada di bandara.

 

Pas Foto Terbaru

Para jamaah umroh diwajibkan membawa pas foto terbaru untuk keperluan administrasi umroh. Berbeda dengan pas foto untuk keperluan lain, bila untuk administrasi umroh para calon jamaah yang akan melakukan perjalanan perlu melakukan pas foto dengan background berwarna putih.

Adapun ketentuan lain untuk pas foto adalah wajah tampak 80% serta tidak menggunakan kaca mata, bagi wanita diwajibkan berfoto menggunakan jilbab, untuk ukuran foto 4Ă—6 biasanya dibutuhkan sebanyak 2 lembar.

Biro perjalanan juga biasanya meminta pas foto dalam bentuk soft file atau dokumen, jadi saat sendang melakukan sesi foto sebaiknya sampaikan langsung kepada petugas agar sekalian disiapkan dalam bentuk file.

 

Fotokopi Buku Nikah

Untuk pasangan sah yang akan melaksanakan umroh bersama maka perlu menyiapkan fotokopi buku nikah untuk diberikan kepada biro perjalanan sebagai syarat adminiatrasi umroh.

 

Fotokopi Kartu Keluarga

Untuk syarat fotokopi kartu keluarga ini dibutuhkan bagi calon jamaah umroh yang merupakan pasangan suami istri, anak-anak, dan bagi perempuan  yang akan berangkat umroh dengan mahrom tapi bukan suami.

Syarat-syarat administrasi tersebut yang perlu disiapkan oleh calon jamaah haji sendiri tetapi nantinya tetap diserahkan kepada biro perjalanan. Setelah semua syarat administrasi umroh lengkap selanjutnya biro perjalanan yang akan membantu melanjutkan mengurus data-data perjalanan.

Biasanya syarat administrasi umroh ini dikumpulkan ke biro perjalanan setelah calon jamaah umroh mendapat tanggal kuota keberangkatan atau maksimal dikumpulkan 45 hari sebelum keberangkatan melaksanakan ibadah umroh.

Itulah tadi beberapa persyaratan administrasi yang perlu untuk persiapan ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.